Ini Liburanku

Akhir pekan kemarin dapat merasakan kembali pengalaman-pengalaman semasa kecil silam. Saya tak bisa terlepas dari predikat anak Petani, karena ya… memang Bapak dan Ibu saya adalah petani ortodok yang sudah turun temurun mewarisi bakat bertani dari jamannya Eyang cicit kami.

Sudah lama sejak di sekolah tingkat pertama, tak pernah lagi merasakan bermain lumpur di sawah dan mandi di sungai karena alasan klasik; Ya… biasanya ketika liburan tiba jarang sempet pulang ke rumah melainkan Bapak dan Ibu saya yang kadang berkunjung ke tempat dimana saya tinggal =Bangga jadi anak Rantau=.

Baru di libur lebaran tahun ini dapat jatah waktu cukup untuk bisa berlama-lama dan bertemu aktifitas masa kecil dulu. Salah duanya Ngagon di sawah dan Ngarit di kebun. Mari saya jelaskan apa itu Ngagon dan Ngarit dalam bahasa Indonesia yang sesuai EYD.

Ngagon adalah aktifitas di sawah untuk membersihak tumbuhan hama dan penggangu tumbuhan ini yang ditanam -benih padi- yang sedang bertumbuh. Ini dia gambarnya :

image

Kemudian Ngarit adalah aktifitas nyabit rumput atau lebih tepatnya mengambil rumput untuk makanan ternak semisal Sapi, Kerbau atau Kambing. Tapi tidak semua jenis rumput bisa, hanya jenis-jenis rumput tertenu yang bisa dijadikan makanan ternak yang kebetulan hewan yang saya ternak adalah Kambing.

Fotonya nyusul ya….

image

Selain dua hal tadi, aktifitas lain yang baru saya lakukan selama hidup hingga sekarang adalah Kaajak.

Kaajak adalah aktifitas gotong royong membantu pengerjaan sebuah rumah milik orang lain (tetangga) yang ada dilingkungan sekitar dalam kawasan satu Desa.

Pemilik hajat biasanya berkewajiban memyediakan makanan untuk setiap yang ikut serta dalam Kaajak ini. Kegiatan ini seperti Simbiosis mutualisme, karena ketika kita hendak punya hajat yang semisal maka bisa dipastikan kita juga akan dibantu oleh tetangga-tetangga yang lain, jadi “jangan males kalau disuruh ikut Kaajak” pesan Bapak saya jika sedang berbincang sesama anggota rumah. Tapi sedikit mengejutkan, karena tidak banyak orang yang bisa saya kenali -padahal asli ini kampung halaman tempat saya lahir- hanya Bapak-bapak yang seumuran dengan Bapak saya yang mampu dikenali dan sebaliknya mereka juga kenal dengan saya, sisanya begitu banyak orang baru entah dari mana datangnya yang tidak saya kenali. Dan mungkin mereka juga sama tidak mengenali siapa saya ini. Yang lebih parah pernah seketika waktu berkunjung ke rumah kelurga (Saudara) jauh, pertanyaanya adalah seperti ini :

Saudara  : Mid… -panggilan Bapak saya dikelurganya- ini siapa ?
Bapak      : Ini kan anak saya yang laki-laki.
Saudara  : Loh… bukannya kamu cuma punya dua anak perempuan? Ada anak laki juga toh?
Bapak       : Lah… iya ini anak saya yang kedua, tapi memang jarang pulang. Makanya di ajak main biar tau keluarga.

Bayangkan Temans… separah itukah saya hingga ada beberapa sodara jauh yang tidak mengtahui keberadaan saya di kelurga.

Baiklah… untuk menghibur diri sendiri saya pajang beberapa foto ketika main di Sawah saja lah, Hehehe….

image

image

image

image

image

Bagai mana Temans… ada yang pernah juga punya pengalaman menarik seperti inikah ?

Perihal Sarip Hamid
Seorang yang sejak lama telah belajar menjadi manusia, menjelajahi samudera kehidupan dengan modal keberanian, keyakinan, dan kesabaran. Maka ia pun menemukan apa yang menjadi sebuah motto kehidupan; Think Globally, Act Locally and Keep Originally.

6 Responses to Ini Liburanku

  1. Burhan mengatakan:

    Hadewww… foto2 dan tulisannya bikin kangen kampung euuuyyy. Aku jga asli Bogor yang terdampar di Bekasi demi sesuap nasi kang🙂

  2. kutukamus mengatakan:

    Jadi ingat dulu (th 70-an), kalau main biasa lewat sawah, dan kalau kegerahan ya nyebur di kali/mata air—sembari minum (langsung dari alam, jauh lebih seger daripada air kemasan).

  3. Wah … liburan yang menyenagkan tuh .

    Saya Ilyas Afsoh
    salam kenal

Tinggalkan Balasan

